Kerja Sesuai Passion, Yakin?

membaca sebuah tweet temen gue tadi siang tentang kerja yang sesuai passion bikin gue gatel buat garuk-garuk nulis pendapat disini.

di jaman sekarang, dimana uang adalah segalanya, menurut gue nggak mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang (bener-bener) sesuai passion dengan penghasilan yang oke (baca : gede) bagi para fresh graduate SMA maupun kuliah. mendapat pekerjaan dengan penghasilan yang oke, walaupun nggak sesuai passion, lebih baik dibandingkan dengan mendapat pekerjaan yang sesuai passion, tapi duitnya seret. gue setuju kalo ngikutin passion, kita bisa enjoy dalam pekerjaan, tapi emang yakin bakalan bisa memenuhi semua kebutuhan hidup nantinya?

mungkin kalo gue dilahirkan di dalam keluarga dengan kekayaan yang tidak terbatas, gue juga bisa milih pekerjaan sesuai passion gue tanpa memikirkan berapa penghasilan yang didapatkan (karena gue udah kaya). gue dilahirkan di keluarga yang lumayan berkecukupan (menurut gue), tapi nggak dibilang kaya juga. maka dari itu gue memutuskan memilih jalan hidup sebagai birokrat, dengan kuliah gratis di STAN yang pekerjaannya sudah dijamin. dengan iming-iming, cerita-cerita serta bayangan jaman sekolah dulu bahwa petugas pajak adalah orang kaya. dan gue pun bisa meringankan beban orang tua gue juga.

gue yakin banyak temen sekampus yang rela membuang jurusan impian mereka di kampus lain untuk kuliah di STAN. STEI, FK, FT ditinggalin gitu aja demi mendapat kehidupan yang lebih baik kelak, walaupun harus mengorbankan passion mereka. gue pribadi sih punya pemikiran ngumpulin duit sebanyak-banyaknya dulu selagi muda buat modal hidup nanti sampai tua. nggak perlu mikirin passion dulu, yang penting kaya. pemikiran bocah emang, tapi realistis kan?

anyway, ini cuma pendapat dari seorang mahasiswa sok tau dengan kemampuan otak super.. medioker.  mahasiswa yang belom mempunyai passion untuk dibanggakan, masih ngikutin arus. mahasiswa yang belom mencapai kesuksesan apapun dalam hidupnya. jadi, nggak usah terlalu dipercaya yeah. pilih aja apa yang terbaik menurut kalian *kedip-kedip mata*

Leave a Reply

