Aku Suka Singkong, Kau Suka Keju

0

Aku pilih Cristiano Ronaldo buat menangin Ballon d’Or, kamu upload foto dukungan Lionel Messi di twitter.
Aku bilang Marc Marquez yang sengaja provokasi, kamu kekeuh bilang Valentino Rossi yang nendang motornya.
Aku dari dulu tifosi fanatik Juventus, kamu terang-terangan dukung Inter Milan.
Aku bilang Liga Inggris tahun ini juaranya Liverpool, kamu nggak setuju. “Manchester United!” katamu lantang.
Weekend kemarin aku ke GBK nonton Persija, kamu sengaja singgah di Jalak Harupat demi Persib

Aku pergi kemana pun ordernya via Grab Bike, kamu malah install aplikasi Gojek di smartphone-mu.
Aku beli barang online biasa di Bukalapak, kamu punya seller langganan di Tokopedia.
Aku habis beli sabun mandi di Indomaret, kamu nyeletuk di Alfamart lebih murah.
SIM smartphone aku Telkomsel, kamu bilang paket data lebih hemat Indosat Ooredoo.
Kalau haus aku belinya Coca Cola kaleng, kamu ngotot cari Pepsi botolan…

Aku pasang poster JKT48 di kamar, kamu nyetak foto-foto 4R-nya Cherrybelle.
Aku bilang warna dress di foto itu black and blue, kamu ngotot warnanya white and gold.
Aku beli Samsung karena menurutku Android selalu berkembang, kamu beli Iphone karena menurutmu fitur di iOS lebih eksklusif.
Aku suka jaipong, kau suka disko.
Aku suka singkong, kau suka keju

P.S. : Ditulis random beberapa hari yang lalu diatas Bus Budiman yang sempat melaju beriringan dengan Bus Primajasa jurusan Tasikmalaya-Bekasi.

Asrot

0

Si Bapak : “Nanti posisi asrot di sebelah mana? Sebelah situ ya?”
Ganteng : (bingung sambil menatap ke arah yang ditunjuk)
Si Bapak : “Kamu yang jadi asrot, kan, besok?”
Ganteng : (tambah bingung) “I..iya pak.” Saya sok tau mengiyakan.
Ganteng : (dalam hati) “Asrot? Apaan, tuh?

Secuil percakapan di atas antara saya dan seseorang terjadi ketika H-1 persiapan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi di Bale Kota Tasikmalaya. Sedikit penjelasan, setiap tahunnya, Kanwil DJP Jawa Barat I beserta seluruh satker di bawahnya mengadakan acara Pekan Panutan. Di acara ini, para pemimpin daerah di lingkungan Jawa Barat melakukan penyampaian SPT Tahunannya masing-masing secara simbolis, atau dengan penyampaian langsung online melalui e-filing.

Kalau di Tasikmalaya, acara Pekan Panutan diadakan di Bale Kota Tasikmalaya tanggal 24 Maret 2016, dengan mengundang Walikota dan Wakil Walikota sebagai panutan penyampaian SPT Tahunan. Diharapkan dengan adanya acara ini, seluruh Wajib Pajak di Tasikmalaya, khususnya di Kota Tasikmalaya, dapat tergerak untuk menyampaikan SPT Tahunannya juga melalui e-filing.

24032016-spt-e-filling-tasikmalaya

Walikota dan Wakil Walikota Tasikmalaya Lapor SPT Tahunan PPh OP

selengkapnya

Subtitle Bahasa Sunda

0

Seorang teman pernah nyeletuk ketika melihat saya sedang menonton film di laptop, “Gaya banget, lu, pake subtitle bahasa Inggris. Kan, ada yang bahasa Indonesia.”

Dari dulu, saya kalau nonton film bajakan-hasil-download di laptop memang terbiasa memakai subtitle bahasa Inggris. Bukannya nggak mau dimudahkan dengan subtitle bahasa Indonesia, tapi saya lebih nyaman untuk membaca subtitle bahasa Inggris biar sesuai dengan gerakan mulut pemain film dan suaranya. Pikir saya, itung-itung sekalian belajar bahasa Inggris secara otodidak.

Maka ketika mayoritas downloader film begitu akrab dengan akun Pein Akatsuki dan Lebah Ganteng sebagai pemasok subtitle, saya nggak. Saya lebih mengenal akun-akun seperti Ivandrofly, GoldenBeard, dan Luis-subs. Buat yang bingung bisa mengakses subscene.com nanti.

credit to @tahilalats

credit to @tahilalats

selengkapnya

Kelompok Pengendara Motor Goblok

2

Jakarta sekarang berada dalam keadaan bahaya. Bukan karena bencana alam. Bukan pula karena invasi ISIS yang akan gue ributkan disini, tetapi karena kelakuan sekelompok pengendara motor berpikiran sempit. Kelompok ini gue namakan Kelompok Pengendara Motor Goblok, atau bisa disingkat menjadi KPMG. Sengaja gue singkat menjadi KPMG agar terdengar catchy seperti nama salah satu Kantor Akuntan Publik papan atas. Nggak penting.

Kelompok Pengendara Motor Goblok adalah segelintir oknum pengendara motor yang sering menyebabkan kemacetan di jalan. Mereka akan muncul ketika sebuah jalur dalam suatu jalan tersendat. Ulah mereka biasanya akan dimulai oleh seorang “pemimpin rombongan” yang melihat peluang untuk menyalip rombongan mobil dan motor di depannya dengan melewati jalur yang berlawanan arah. Pemimpin KPMG akan melaju terus, kemudian diikuti “anak buah“nya, sampai mereka tidak bisa menyalip lagi karena sudah bertemu dengan rombongan mobil dan motor yang berlawanan arah.

Bingung dengan cerita di paragraf atas? Untuk memudahkan memahami kelakuan KPMG, berikut disajikan ilustrasi seadanya.

Ilustrasi bagaimana KPMG (dilingkari merah) melakukan kejahatan lalu lintas.

Ilustrasi bagaimana KPMG (dilingkari merah) melakukan kejahatan lalu lintas.

selengkapnya

Quick Update #1

0

Ada yang nanyain kabar gue?

Nggak? Yaudah deh.

Yah, walaupun nggak ada yang nanyain keadaan gue sekarang, gue tetep akan bikin Quick Update. Quick Update adalah sebuah kategori baru untuk mengakomodir kesibukan dan/atau macetnya otak gue, yang mengakibatkan tidak adanya postingan terbaru. Lebih baik ada update sesekali kan, daripada mati suri selama berbulan-bulan. Takutnya publik mengira empunya blog ini sudah punah.

Gue sekarang lagi OJT (On the Job Training) a.k.a. magang di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Jatinegara. Terhitung mulai tanggal 10 November 2014 kemarin, gue udah mulai aktif bekerja di Direktorat Jenderal Pajak, di bawah Kementerian Keuangan. Ini adalah langkah awal sebelum gue diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Masih ada beberapa step lagi yang mungkin akan gue ceritain lagi di kemudian hari. Masalah gaji nggak usah ditanya… belum dapet.

Perihal tidak adanya postingan baru selama 4 bulan lebih, sebenarnya ada beberapa draf postingan di notes hape hasil keisengan di kala menganggur di kantor. Tapi ya gitu, belum layak diposting aja menurut gue. Namanya juga masih draft, jadinya belum melalui proses editing dan finishing. (apaan njir berasa situs berita internasional)

Yaudah gitu aja Quick Update edisi perdana ini. Eh, tapi beneran tadi nggak ada yang nanyain kabar gue?