Triple Filter Test

cerita ini diambil dari kolom Parodi-nya om Samuel Mulia di Harian Kompas Minggu, 22 Agustus 2010.

Di Yunani kuno, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. Suatu hari seseorang datang padanya dan terjadilah percakapan seperti di bawah ini.

Seseorang : “Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?”

Socrates    : “Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberikan suatu tes sederhana. Triple Filter Test.”

Seseorang : “Triple Filter Test?”

Socrates    : “Benar. Sebelum kita membicarakan tentang teman saya, saya kira bagus kalau kita mengambil waktu beberapa saat, dan menyaring apa yang akan Anda katakan. Filter pertama adalah Kebenaran. Apakah Anda yakin sepenuhnya bahwa yang akan Anda katakan pada saya benar?”

Seseorang : “Tidak. Sebenarnya saya hanya mendengar tentang itu.”

Socrates    : “Baik. Jadi Anda tidak yakin bila itu benar. Sekarang saya berikan filter yang kedua, filter Kebaikan. Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu, sesuatu yang baik?”

Seseorang : “Tidak, malah sebaliknya.”

Socrates    : “Jadi. Anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi Anda tidak yakin apakah itu benar. Anda masih memiliki satu kesempatan lagi karena masih ada satu filter lagi, yaitu filter Kegunaan. Apakah yang akan Anda katakan pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya?”

Seseorang : “Tidak. Sama sekali tidak.”

Socrates    : “Jadi, kalau Anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar, buruk, dan bahkan tidak berguna, mengapa Anda harus mengatakannya kepada saya?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s