Mati Listrik Menguras Hati

25 Agustus 2010 – sekitar pukul 22:00 WIB, abis nonton Beranda Penghuni Terakhir yang lagi seru-serunya (bossnya ngga diakuin), tiba-tiba terjadi sebuah fenomena alam dimana alat-alat elektronik berlibur dari tugasnya sehari-hari : mati listrik. oh shit… emang sih, daerah rumah gue udah lama ngga ‘dikasih’ pemadaman bergilir. tapi tetep aja ngga enak gelap-gelapan. ngerusak mata. akhirnya cuma cahaya lilin yang menerangi seluruh ruangan di rumah gue kemaren. yah, berhubung udah malem juga, mata juga udah berkunang-kunang alias ngantuk, gue rebahan di tempat tidur. pelan-pelan gue memasuki alam bawah sadar, jauh lebih dalam, jauh lebih dalam…

26 Agustus 2010 – sekitar pukul 06:15 WIB gue udah bangun, berharap listrik udah nyala. ternyata PLN belom mengabulkan doa sebelum tidur orang-orang daerah rumah gue semalem. listrik masih mati. oh shit, again… terpaksa gue ngga mandi kan. (padahal emang kalo liburan, mandi sehari sekali, sore doang. hahaha.) yaudah gue cuci muka doang pagi-pagi.

sejam gue tunggu, belom nyala… 2 jam, belom nyala juga… 3 jam, tukang es lewat depan rumah… ngga nyambung… akhirnya bokap gue nelpon ke PLN, soalnya udah 11 jam listrik mati, dan kayanya ini bukan pemadaman bergilir. ternyata gardu listrik yang di daerah Pondok Ranggon mati, katanya lagi dibenerin. fiuhh…

persediaan air yang semakin menipis, memaksa gue dan nyokap gue buat menimba air di tempat tetangga. ya menimba air, lo ngga salah denger. di daerah gue yang masih suasana kampung, masih ada rumah-rumah yang punya sumur timba. setelah mendapat kira-kira 4 ember air yang lumayan bersih, gue dan nyokap balik ke rumah, bawa ember yang lumayan berat. kami menempuh jarak sekitar 0,02 km!
sampai rumah sekitar jam 11-an, ternyata listrik barusan aja nyalagoddamn! gue shock, jantung melemah, tekanan darah menurun drastis, nggak kok, boongan. perjuangan gue dan nyokap buat ngambil air sia-sia. huhuhu. tapi gapapa lah. yang penting listrik udah nyala. aktivitas rumah udah kembali normal.

dari sini gue langsung mikir, gimana dengan sodara-sodara gue yang daerahnya belom terjangkau listrik? pasti berat banget hidupnya tanpa listrik. nyari air harus nimba atau ngga ngambil dari sungai tiap hari, ngga bisa nonton TV, ngga bisa maen laptop… sedangkan gue yang rumahnya baru mati lampu 13 jam aja udah ribet banget.
so, buat kita yang dapet listrik PLN, mesti bersyukur. ya, bersyukur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s