Renungan Saat Kelas PKP

langit begitu biru seperti biasanya. empang sebelah Gedung E terlihat berwarna hijau pekat. begitu menyegarkan mata..

jam 09:10. udara panas menyelimuti kelas E203. di ruangan ber-AC mati itu, seorang bocah bodoh tapi sedikit ganteng sedang duduk, baris keempat dari depan, berusaha menangkap pelajaran PKP (Pengantar Keuangan Publik) yang ada. raut mukanya menunjukkan bahwa ia tidak mengerti apapun. tatapan matanya kosong. itulah gue. gue sedang mencoba untuk mengerti pelajaran. tapi apa daya, dosennya tidak mendukung. asal kalian tahu, dosen PKP gue banyak loadingnya kalo ngajar. dari 2,5 jam pelajaran, mungkin 1 jam dipake buat loading. sisanya baru buat ngajar. dan gue nggak dapet apa-apa. alhasil, buku catatan gue lebih banyak dipenuhi gambar-gambar nggak jelas.

dan akhirnya momen itupun terjadi. momen dimana pikiran gue mulai melayang-layang entah kemana. mungkin ke langiti-langit. dimana gue bisa melihat tubuh gue sendiri, sedang bengong di kelas. juga temen-temen gue yang sedang mencari posisi nyaman buat tidur.

dan renungan pun dimulai.. terkadang, gue merasa paling bodoh sendiri di kelas. pertama, NEM SMA gue ‘cuma’ 48 disaat yang laen 50-an keatas. oh so damn. kedua, gue juga jarang banget nanya di kelas. padahal kata Sekre, aktivitas di kelas berpengaruh 20% terhadap nilai IP. entah kenapa gue jarang dapet bahan buat nanya. tapi itu juga ngga berarti gue udah dewa, ngerti semua. entahlah. mungkin gue harus lebih banyak baca koran..

gue juga berpikir kayanya gue juga paling males di kelas. coba bayangin. Pak Hakrin, dosen PIH (Pengantar Ilmu Hakrin, eh, Hukum) gue ngasih tugas bikin resume 4 halaman folio. deadlinenya masih 2 minggu lagi, tapi ada temen gue yang 4 hari setelah penugasan udah selesai tugasnya. gue? nol besar, alias belom sama sekali. oh so damn again. dan kemalasan itu pun terbawa sampe ke kosan. cucian banyak banget. setrikaan juga idem, pada nganggur di kursi. kamar berantakan, jarang dipel. mungkin kerajaan kuman di kamar gue udah bertambah besar.

oh God, I really need Your help..

2 thoughts on “Renungan Saat Kelas PKP

Leave a Reply

