Si Pengikut Arus

“Rino, nanti kalau gede mau jadi apa?” tanya guru SD gue. “Pilot, Bu!” jawab gue ganteng lantang.

pilot. iya pilot. dulu gue emang pengen banget jadi pilot pas kecil. mungkin karena tersugesti juga oleh lagu anak-anak yang dipopulerin sama Joshua waktu itu kali ya. padahal motivasi sebenernya tuh gue pengen keliling Indonesia (dan dunia) dengan gratis, dibayar malahan. tapi semakin bertambahnya umur, semakin gue menyadari kalo profesi sebagai pilot nggak (akan pernah) cocok buat gue, karena gue itu… TAKUT KETINGGIAN! cupu banget emang. kalo gue berada di lantai 3 keatas sebuah gedung dan iseng ngeliat ke bawah, pasti kaki gue geter-geter kecil. and the worst experience is ketika gue turun dari lantai atas sebuah mall dengan LIFT KACA. that was scary as hell.

nah pertanyaan diatas yang pernah ditanyain guru SD gue kembali terlontar pas kelas SIDJP kemaren siang. kebetulan dosennya itu dosen pengganti yang malah membuka kelas motivasi, bukannya ngajar SIDJP .___.

“nanti kalau udah lulus dari kampus ini kalian mau jadi apa?” tanya beliau di awal kelas motivasinya. sontak temen-temen sekelas gue langsung angkat tangan dan bergantian menjawab. ada yang mau jadi dosen STAN, pengusaha, keliling dunia, pengajar, pemilik usaha kos-kosan, ayah yang baik dan bertanggung jawab pada keluarga, anggota DPR, Kepala Kantor, dll. nah gue, gue mau jadi apa?

selama ini gue nggak pernah netepin banget gue pengen jadi apa pas gede nanti. yang ada gue cuma pernah nulis impian-impian yang kelak pengen gue capai disini. tapi nggak pernah gue jelasin dengan profesi apa gue nanti bakal wujudin semua impian itu.

selama ini gue hidup kayaknya cuma ngikutin arus aja. lempeng-lempeng aja. dari TK-SMP gue sekolah di Stradaaaa mulu. mungkin kalo ada SMA-nya juga di tuh perkumpulan udah gue masukin juga. daftar kuliah juga di 3 PTN ternama (UI, ITB, UGM) yang lazimnya semua lulusan SMA bakalan daftar. milih jurusannya juga jurusan yang lazimnya semua anak IPA bakal pilih, teknik. orang-orang pada milih apa, daftar apa gue ikutin semuanya. padahal gue nggak tau juga bakalan cocok apa enggak kuliah di kampus dan jurusan itu. bahkan sekarang gue terdampar di kampus birokrat paling diminati seantero Indonesia, STAN. sama sekali nggak pernah gue bayangin bakal kuliah disini. sekali lagi, cuma ngikutin arus doang.

terus inti dari postingan ini apaan? nggak ada. sekian.

4 thoughts on “Si Pengikut Arus

  1. Hahahaaaa.. Dasar ka rino, padahal gw baru mau nanya tentang akuntansi ke lu, ga cuma lu doang kok yg ngerasain itu, ikut arus akhirnya bingung mau kemana, ditanya mau jadi apa malah gapunya jawaban..
    Gw juga, tapi gw larinya jadi stress, untung ga stress banget, kalo ngga udah gila kali..😄
    Masalahnya adalah, lo punya keahlian di berbagai hal, coba lo gabisa lakuin banyak hal, tapi expert di 1 bidang, udh pasti lo suka lakuin hal itu, dan ga akan lari lagi buat nyari cita2🙂
    Intinya sih, if you can’t do what you love (because you don’t find it) just love what you do..🙂 it’ll be better
    Lagian prospeklo di STAN udh bagus kan? Love it😄

    Like

    • iya sih hahaha. harusnya gue emang bersyukur masih bisa dapet di STAN.
      yap setuju deh sama pendapat lo yang kita harus cintai apa yang kita lakuin.
      btw kuliah dimana lo? apa kerja?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s