Temu Blogger Anti Korupsi KPK 2012

salah satu isi dari e-mailnya

salah satu isi dari e-mailnya

Senin, 3 Desember 2012, sekitar jam 2-an abis pulang kuliah, gue ngecek e-mail dan nemuin e-mail yang nggak biasanya muncul di inbox. soalnya e-mail yang masuk biasanya cuman notifications nggak jelas. e-mail yang nggak biasa itu ternyata dari KPK. dan gue dapet undangan eksklusif untuk dateng ke Temu Blogger Anti Korupsi hari Jumat, 7 Desember 2012 di Auditorium KPK. nah yang gue pikir pertama kali tuh malah sistem pembagian undangannya. para blogger yang dapet undangan ini emang tulisannya pada bagus-bagus (baca : Puji Tuhan tulisan gue diapresiasi), atau ternyata cuman random (baca : ternyata gue cuman beruntung doang) -______- btw, yang mau liat tulisan gue bisa diliat disini.

Jumat, 7 Desember 2012, setelah hampir telat gara-gara kesalahan prediksi waktu perjalanan yang ternyata lebih lama -______-, gue sampe di Gedung KPK di daerah Kuningan tepat jam 15:00 WIB. gue langsung regis di meja registrasi, terus masuk ke ruang Auditorium KPK untuk mengikuti rangkaian acara Temu Blogger Anti Korupsi KPK 2012.

rangkaian acara Temu Blogger Anti Korupsi KPK dibuka oleh MC dengan basa-basi nggak jelas. skip, lanjut ke sesi talkshow. talkshow ini dimoderatori oleh Wicaksono, yang lebih dikenal di dunia pertwitteran dengan username @ndorokakung. narasumber yang dihadirkan adalah Busyro Muqoddas (salah satu pimpinan KPK), Toriq Hadad (Corporate Chief Editor Majalah Tempo), dan Nia Sadjarwo (salah satu founder gerakan Coin A Chance!).

DSC_0240

suasana di dalem auditorium KPK

Busyro mengungkapkan bahwa di negara kita Indonesia ini masih belum terbentuk masyarakat sipil, sebagai kekuatan non-pemerintah yang mampu mengimbangi dan mencegah kebijakan negara untuk memperlemah kekuatan rakyat. maka dari itu, KPK merespon masalah tersebut dengan mengundang para blogger untuk berangkulan menjadi kekuatan sipil. kemudian KPK juga merangkul media sosial karena media juga merupakan kekuatan perubahan.

Toriq yang lebih membahas mengenai lombanya mengungkapkan bahwa banyak dari tulisan para blogger merupakan wujud kemarahan terhadap korupsi. beliau sangat suka dengan ide-ide yang dituangkan para blogger jika mereka didaulat menjadi Ketua KPK. terakhir beliau memberikan tips untuk membuat tulisan yang baik. menurutnya kalo menulis jangan terbiasa pointers. kemudian sudut pandang tulisan jangan terlalu banyak, cukup 1 angle. yang terpenting adalah bahan argumentasi diperkuat.

Nia yang lebih membahas tentang aksi nyata mengungkapkan bahwa memang kalo kita ingin memulai sebuah aksi pasti akan ada pihak yang skeptis dan menentang. namun menurutnya sebuah niat baik pasti ada jalan. terakhir, ia memberikan tips untuk memulai aksi nyata tersebut, yaitu mencari temen dan orang-orang yang satu passion. karena dengan begitu akan tumbuh kepercayaan diri dan banyak ide-ide yang muncul.

dan akhirnya yang ditunggu-tunggu pun tiba di sesi terakhir, pengumuman pemenang! dan gue… nggak menang apa-apa -______- ya nggak papa lah. udah dapet undangan eksklusif kayak gini aja udah seneng banget gue. apalagi dapet bingkisan dari KPK yang isinya macem-macem. ada goodie bag, tempat minum, kaos polo, buku saku Memahami Untuk Membasmi, 2 stiker, 2 pin, gelang, gantungan kunci, tempat ID Card, dan brosur-brosur (sekalian disebut biar keliatan banyak :v). belom lagi abis acara selese ada makan-makan, prasmanan pula :9

oleh-oleh dari KPK

oleh-oleh dari KPK

pulang dari acara ini gue masih sempetin buat ke JakCloth Year End Sale 2012. walaupun nggak beli baju (emang lagi nggak bawa uang banyak), gue bisa nonton Maliq & D’Essentials, Efek Rumah Kaca, The Upstairs, plus nontonin band temen sekelas gue, Distruggere tampil. anyway, it’s really a tiring yet fun day!

band temen sekelas gue, Distruggere

UPDATE ! : berita resmi dari KPK tentang acara Temu Blogger Anti Korupsi kemaren bisa diliat disini.

4 thoughts on “Temu Blogger Anti Korupsi KPK 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s