Tips Menghadapi Kemacetan di Jakarta

kalo dijumlah sampai hari ini, udah hampir tiga setengah bulan gue magang di daerah Jakarta. November sampai Desember gue magang jadi marketing di PT MSD Indonesia, di daerah Sudirman. Februari sampe sekarang gue magang jadi junior auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) Hananta Budianto & Rekan, di daerah Kebayoran Baru.

setiap hari kerja, perjalanan gue naik motor dari rumah (Bekasi) ke kantor (atau klien) dan sebaliknya bisa memakan waktu 3 sampai 4 jamūüėź. pagi berangkat 1,5 jam, pulang bisa lebih. apalagi kalo hujan atau force majeur lainnya. emang bener sih kata orang. kerja di Jakarta itu tua di jalan. kalo gue sih ganteng di jalan. #okesip

macetnya Jekardah...

macetnya Jekardah…

nah, berhubung macet udah jadi “makanan” gue tiap pagi, gue ada beberapa tips nih buat menghadapi macetnya jalanan Jakarta biar kita tetep enjoy. dan ganteng tentunya.

1. sabar, jangan kebanyakan mengeluh
yang pertama ini adalah kunci utama buat bikin kita enjoy selama perjalanan. lo ngeluh gimanapun nggak akan mengubah keadaan. lo nglakson kenceng-kenceng juga nggak bakal bikin kendaraan depan lo minggir buat ngasih jalan. orang-orang di jalanan jakarta itu pada nggak mau ngalah. semua ngerasa punya kepentingan yang lebih kalo di jalan. ya termasuk gue juga sih. intinya biar lambat asal selamat~

2. dengerin musik
dengerin musik terbukti mampu meningkatkan mood dan membantu membunuh waktu. lagu yang tepat + momen¬†yang tepat = sempurna. gue pernah lagi nyelip-nyelip di jalanan pake motor sambil dengerin musik, tiba-tiba playlist pas muterin instrumental¬†Requiem for a Dream. epic banget. belom lagi kalo lo wota. lo bisa muter lagu-lagu JKT48 sambil ngechant di jalan. eh itu mah gue ya…

3. melakukan hal lain yang bisa membunuh waktu
ada banyak cara lain buat membunuh waktu pas macet di jalan biar nggak bosen. gue pribadi sering iseng ngeliatin sticker di bagian belakang mobil/motor. ada macem-macem tulisan dan gambar yang kadang-kadang bisa bikin geli sampai ngakak sendiri. mulai dari sticker¬†bertuliskan tempat-tempat yang pernah dikunjungi (SnowBay, Mekarsari, dll) sampai yang tulisannya absurd banget.¬†the best sticker so far, tulisannya¬†“ganteng ini menyiksaku.” gue harus beli!

4. ajakin ngobrol orang lain
ini khusus buat yang naek angkutan umum macem transjakarta, commuter-line, angkot, dll. daripada lo sering sibuk twitteran/fb-an/path-an (?), mending lo ajak orang sebelah ngobrol. gue pernah ngobrol sama bagian HRD Bank Mandiri, eh terus ditawarin magang di kantornya (y). sayangnya gue udah punya tempat magang dan gue menghormati kontrak itu. serius, banyak hal yang bisa lo dapet dengan ngobrol di jalan. siapa tau bisa ketemu jodoh kan. #selftalking #eh

5. berdoa
yang terakhir nih, berdoa. lo bisa berdoa supaya lampu merahnya cepet berubah jadi ijo, supaya jalanan tiba-tiba jadi lancar, dan yang terpenting supaya tetep selamat sampe di tujuan, tidak kekurangan suatu apapun.

nah itulah sebagian tips dari gue. yang bagus boleh dilakukan. yang absurd… juga boleh dilakukan sih, tapi resiko ditanggung masing-masing :V

sumber gambar : http://www.pidas81.org/wp-content/uploads/2013/12/kemacetan.jpg

One thought on “Tips Menghadapi Kemacetan di Jakarta

  1. Pingback: Tips Menghadapi Kemacetan di Jakarta | iamstaners

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s