Doppelganger

Buat yang pernah denger dan udah tahu arti dari judul di atas, tenang, jangan di-close-tab dulu. Cerita seremnya ada di bagian akhir. Buat yang belum pernah denger dan nggak tahu, doppelganger artinya bayangan diri sendiri atau kembaran dari seseorang. Konon, setiap orang memiliki bayangan diri yang selalu menemaninya. Walaupun bentuk fisiknya sama, doppelganger biasanya memiliki sifat yang bertentangan atau lebih tepatnya bersifat jahat.

Nah, kenapa gue kasih judul postingan ini dengan doppelganger? Jadi gini, gue terkadang ingin bisa melihat diri sendiri dari sisi orang lain, atau kacamata orang lain. Kayak gimana sih seorang Averino itu. Kelakuannya seperti apa, pribadinya apakah menyenangkan, sikapnya apakah sopan, dan apakah dia sebenarnya diterima di dalam masyarakat atau tidak.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa nggak tanya saja langsung ke orang lain itu? Karena menurut gue, jawabannya terkadang nggak valid. Bukannya gue nggak percaya, tapi kita nggak tahu, kan, mereka jawab jujur atau enggak. Bahkan di sesi sharing makrab (malam keakraban -red) yang sampe nangis-nangisan pun, gue terkadang masih nggak percaya sepenuhnya. Ada beberapa faktor kenapa pendapat yang terlontar mungkin tidak valid, misalnya pribadinya memang tertutup dan suka menyimpan rahasia, ada maksud terselubung, atau memang suka berbohong.

Dengan bisa melakukan hal tersebut, gue berharap bisa mengubah perilaku yang buruk dan mempertahankan perilaku yang baik, sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Iya, sebenarnya tanpa harus bisa melakukan hal tersebut, gue memang harus selalu bersikap dan bertutur kata yang baik kepada semua orang. Cieelah.

Nah, sekarang baru masuk ke bagian seremnya. Ngomong-ngomong tentang doppelganger, gue pernah diceritain cerita yang lumayan serem di SMA gue dulu. Jadi dulu ada temen gue,  inisial namanya D. D pada waktu itu baru keluar kelas menjelang maghrib karena ada rapat OSIS sepulang sekolah. Gue lupa alasannya, tapi D mau ketemu penjaga sekolah, sebut saja Pak J, sebelum pulang. Setelah dicari kemana-kemana, D akhirnya melihat Pak J di dalam aula sekolah. Pak J ini lagi berdiri di tengah-tengah aula sekolah. Diem… nggak bergerak… membelakangi pandangan si D. Suasana pada saat itu bener-bener sepi. Anggota OSIS lainnya udah pada pulang,  tinggal D sendiri.

Dari depan pintu aula, D berteriak memanggil Pak J, namun Pak J masih terdiam nggak bergeming. D memanggil sekali lagi, namun tetap nggak ada respon. Merasa usahanya sia-sia dan udah kemaleman, D akhirnya mengurungkan niatnya untuk bertemu Pak J. Dia berpikir, mungkin Pak J lagi ada kerjaan di aula, jadi besok pagi saja ketemunya. D pun bergegas pulang. Ketika D berjalan menuju ke parkiran, dari arah kejauhan ada yang berjalan menuju ke arahnya. Ternyata orang itu… Pak J! D lantas terkejut, tapi tetap berjalan, namun semakin pelan.

Ketika mereka berpapasan, terjadi sebuah percakapan singkat…

”Kamu ngapain jam segini baru pulang? Yang lain udah pada pulang dari tadi.”
”Nggak papa, Pak… Mmmm.. Bapak barusan bersih-bersih di dalem aula?”
“Nggak tuh, saya dari jam pulang sekolah di dapur. Kenapa emang?”
“Oh, nggak papa, Pak.”

Terus… yang tadi berdiri di tengah aula itu… siapa?

Terus… gue sekarang kok jadi merinding nulis beginian.

2 thoughts on “Doppelganger

  1. Hahaha, gw merinding jga bro, seandainya ada yg nemuin doppleganger gw dan cerita ke gw, pernah juga gw denger dr emak gw, dia tuh naik motor pagi2 pengen kemana gtu, trus di tengah jalan dia berpapasan sama tetangga yg lagi boncengan sma tmennya, alhasil saling nyapa kan, eh tau2nya, usut punya usut itu orang yg emak gw sapa udah meninggal dari tadi subuhnya, nah yg nyapa emak gw pagi2 itu trus siapa dong?😦😦

    Like

Leave a Reply

