Asrot

Si Bapak : “Nanti posisi asrot di sebelah mana? Sebelah situ ya?”
Ganteng : (bingung sambil menatap ke arah yang ditunjuk)
Si Bapak : “Kamu yang jadi asrot, kan, besok?”
Ganteng : (tambah bingung) “I..iya pak.” Saya sok tau mengiyakan.
Ganteng : (dalam hati) “Asrot? Apaan, tuh?

Secuil percakapan di atas antara saya dan seseorang terjadi ketika H-1 persiapan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi di Bale Kota Tasikmalaya. Sedikit penjelasan, setiap tahunnya, Kanwil DJP Jawa Barat I beserta seluruh satker di bawahnya mengadakan acara Pekan Panutan. Di acara ini, para pemimpin daerah di lingkungan Jawa Barat melakukan penyampaian SPT Tahunannya masing-masing secara simbolis, atau dengan penyampaian langsung online melalui e-filing.

Kalau di Tasikmalaya, acara Pekan Panutan diadakan di Bale Kota Tasikmalaya tanggal 24 Maret 2016, dengan mengundang Walikota dan Wakil Walikota sebagai panutan penyampaian SPT Tahunan. Diharapkan dengan adanya acara ini, seluruh Wajib Pajak di Tasikmalaya, khususnya di Kota Tasikmalaya, dapat tergerak untuk menyampaikan SPT Tahunannya juga melalui e-filing.

24032016-spt-e-filling-tasikmalaya

Walikota dan Wakil Walikota Tasikmalaya Lapor SPT Tahunan PPh OP

Kembali lagi ke topik. Saya seumur-umur belum pernah mendengar kata tersebut. Bener-bener asing di telinga. Saya langsung mikir asrot itu mungkin semacam alat pendukung sound system atau semacamnya.

MrSpeakerMan

“Lah, gue jadi speaker?”

Maaf, nggak jelas. Setelah memutuskan untuk googling, akhirnya saya mendapatkan jawaban atas kebingungan dan kegundahan ini. Asrot itu akronim dari Asisten Sorot, orang yang tugasnya mengoperasikan komputer/laptop dalam sebuah acara. Orang tersebut mengatur semua yang ditampilkan dan dimainkan pada display, mulai dari slide presentasi, video, sampai musik yang diperdengarkan. Salah satu unsur terpenting dalam sebuah acara. Yaelahkirain apaan.

20160324_144803[1]

Laptop Si Asrot

Btw, sudah pada lapor SPT Tahunan, kan? Tinggal seminggu lagi, lho, batas penyampaian untuk Orang Pribadi.

sumber gambar :
http://www.bandungnewsphoto.com/2016-03-24/dengan-e-filing-wali-kota-tasikmalaya-lapor-spt-tahunan-pph
http://adamblakemore.com/mr-speaker-man

One thought on “Asrot

  1. malm a. aa kan kerja di perpajakan boleh minta jelasin tentang
    continous omprovment, customer driven sama customer orienten di perpajakan makasih

    Like

Leave a comment